Friday, February 2, 2018

Sisi Negatif Kekurangan Keluarga WR941ND v5.x

  No comments
Oke, kali ini saya akan sedikit curhat tentang mainan saya yang beberapa waktu lalu sempat saya posting, yaitu TP-Link WR941ND versi 5.1. Saya akan membeberkan beberapa kekurangan dari router tersebut. Langsung saja kita simak!



Ada beberapa keambiguan dalam router ini beberapa diantara nya adalah :


1. Versi FCC ID
Ada beberapa sub-versi dalam satu versi ini (lebih tepatnya adalah versi 5), yaitu ada versi lain dalam versi ini, seperti : v5.1, v5.2, v5.3, dan lain sebagainya. Saya akan mereview sedikit tentang versi 5.1 yang saya gunakan. Yang sedikit membingungkan adalah ada isu mengenai perbedaan hardware pada versi 5 yang ditandai dengan perbedaan FCC ID. Seperti pada yang dicantumkan pada situs DD-WRT (http://svn.dd-wrt.com/ticket/3003) disitu dinyatakan ada FCC ID yang berbeda, yaitu TE7WR941NXV4 dan TE7WR941NXV5, dimana keduanya mempunyai firmware yang sedikit berbeda, jika salah maka akan membuat router kalian brick. Namun hal ini sudah tidak lagi menjadi kendala, karena dengan sedikit kulik-kulik saya dapat mengatasinya dengan cara merubah header pada file binary firmware yang ada.



2. Antenna
Pada WR941NDv5.1 dengan FCC ID TE7WR941NXV5 yang saya gunakan, berdasarkan pada situs wiki yang ada (WikideviDarkhavenWiki OpenWrtketerangan antenna MIMO nya adalah 2x2:2 dimana artinya hanya ada 2x TX, dan 2x RX, untuk 2x kecepatan wireless N (2x150Mbps = 300Mbps). Secara sederhana nya, meskipun router tersebut hadir dengan 3 buah antenna, namun sebenarnya hanya ada 2 antenna saja yang berfungsi penuh untuk keperuan TX dan RX. Pada original firmware TP-Link memang tidak terlalu terlihat signifikan, namun saat kalian mencoba dengan custom firmware seperti OpenWrt atau DD-WRT, maka akan terlihat jelas bahwa ada salah satu antenna yang tidak berfungsi sama sekali (hanya 2 antenna yang digunakan). Dan usut punya usut, setelah saya coba satu persatu, hasil nya adalah : a). Saat menggunakan OpenWrt antenna tengah tidak berfungsi. b). Saat menggunakan DD-WRT antenna disisi paling kanan tidak berfungsi. c). Saat menggunakan firmware original TP-Link semua antenna berfungsi. Pertanyaannya, "kenapa demikian?" hal tersebut dikarenakan pada custom firmware WR941NDv5.x ini dibuat berdasarkan custom firmware WR841N/NDv8.x yang hanya mempunyai 2 antenna inti.



Oke segitu saja pengalaman buruk yang saya temui pada keluarga WR941NDv5.x mungkin pada poin 2 diatas, merupakan alasan kenapa versi 5 menggunakan adaptor power dengan kekuatan 9V 0.6A saja, tidak seperti versi sebelumnya yang minimal adalah 9V 0.85A.


Sekian curhat saya kali ini, semoga bermanfaat!

No comments :

Post a Comment