Saturday, December 30, 2017

Flash Firmware Padavan Xiaomi Mi Router 3

  2 comments
Firmware Padavan adalah salah satu custom firmware opensource untuk router seperti OpenWrt, DD-WRT, dsb. Firmware Padavan ini juga compatible dengan Xiaomi Mi WiFi Router 3 atau Mi Router 3. Sama dengan banyak produk Xiaomi lainnya, Mi Router 3 hadir dengan hardware yang mengesankan, namun software nya kurang bagus -- yang mana itu membuatnya menjadi kandidat utama untuk custom opensource firmware.



Review Mi Router 3

Untuk router dengan harga sekitar Rp300-ribuan, Mi Router 3 adalah router yang lumayan bagus dikelas harganya, mendukung teknologi 802.11ac dengan WiFi Gigabit speed, serta Dual-band frequency. Namun perlu dicatat bahwa Mi Router 3 juga mempunyai sisi negatif, yaitu port Ethernet dengan kecepatan maksimal 100Mbps, padahal mempunyai teknologi Gigabit 802.11ac, ini cukup mengecewakan untuk saya. Jadi, jika kamu punya koneksi internet dibawah 100Mbps, maka Mi Router 3 ini adalah pilihan yang tepat, namun jika kamu punya koneksi internet dengan Gigabit speed, maka perlu pertimbangan lagi untuk membeli router ini (saran saya beli saja kakak nya, yaitu : Mi Router 3G).

Jadi kali ini saya ingin mebuat sebuah dokumentasi Flash Firmware Padavan Xiaomi Mi Router 3. Dikarenakan banyaknya tutorial di internet yang masih menggunakan bahasa asing (English & Russia), maka dikesempatan ini saya ingin menuliskannya dalam bahasa Indonesia.



Kenapa Memakai Firmware Padavan?


Privasi, kontrol, dan fitur. Seperti disebutkan di atas, router ini memiliki spesifikasi hardware yang hebat namun tertahan oleh perangkat lunak yang kurang bagus. Tapi terutama, saya tidak mempercayai Xiaomi sebagai gateway untuk penggunaan utama internet saya dirumah atau dikantor; rekam jejak urusan privasi mereka tidak terlalu bagus. Berpindah ke firmware opensource membuat pikiran saya lebih tenang.

Padavan feature highlights :
  • Customizable and intuitive user Interface
  • Hardware offload support (WAN/LAN)
  • VPN server/client
  • USB applications: FTP server, Torrent client (Transmission), SMB Server, UPnP/DLNAMedia Server, iTunes Media Server (Firefly)
  • Support for Entware or Optware Packages
  • Support for USB 3G/4G modems
  • ssh/telnet access
  • Extra DDNS services
  • Detailed network traffic graph
  • AiDisk (share your files over the internet)
  • SAMBA/FTP/Printer Share (via USB port)


Instruksi Cara Flash

1. Nyalakan Mi Router, dan connect ke komputer melalui kabel LAN atau WiFI. Tidak membutuhkan koneksi internet.
2. Masuk ke UI milik Mi Router melalui web browser, IP default nya adalah 192.168.31.1 atau miwifi.com dan lakukan konfigurasi seperti normal. Usahakan Mi Router dikonfigurasi menjadi AP Mode, bukan Repeater Mode.
3. Download firmware developer : miwifi_r3_all_55ac7_2.11.20.bin
4. Pada UI router di web browser, masuk ke halaman Settings, lalu klik Status dengan logo ( i ). Didalamnya akan ada menu untuk melakukan upgrade firmware, maka flash firmware miwifi_r3_all_55ac7_2.11.20.bin yang sudah di download tadi melalui menu tersebut.
5. Tunggu sekitar  5 - 8 menit, jika proses flash telah selesai router akan reboot dan lampu led indikator akan berubah mejadi warna biru.
6. Connect ke Mi Router dan lakukan kembali konfigurasi seperti langkah nomer 2. Kemudian masuk kembali ke Settings, lalu klik Status. Jika flashing berhasil maka versi firmware akan berubah menjadi versi 2.11.20.
7. Jika kamu pengguna Windows maka langsung lewati saja menuju langkah 9.
8. Jika kamu pengguna Linux maka koneksikan komputer dengan internet, lalu buka terminal dan download & jalankan script Prometheus dengan perintah berikut :
root@fuckware~:# wget -O start.sh http://prometheus.freize.net/script/start-99.sh && chmod +x start.sh && ./start.sh
lalu langsung lanjut ke langkah 10.
9. Jika kamu pengguna Windows, maka ikuti instruksi di sini untuk menginstall Virtual Machine linux dengan script Prometheus yang sudah pre-installed. Silahkan lakukan instruksinya dengan teliti, maaf saya sendiri adalah pengguna Linux.
10. Koneksikan komputer kalian dengan internet, karena ketika pertama kali menjalankan script Prometheus maka script akan otomatis melakukan update dan download sekitar 500MB.
11. Jika proses download dan Update telah selesai, ketik angka 3 untuk memilih mi-3


12. Download file miwifi_ssh.bin , login ke akun Mi kalian untuk melakukan download.
13. Copy file miwifi_ssh.bin ke flashdisk yang berformat FAT32. Lalu tancapkan ke Mi Router.
14. Matikan Mi Router, tekan dan tahan tombol reset, jangan dilepas dahulu. Nyalakan Mi Router, tunggu hingga lampu led berwarna orange dan berkedip beberapa saat, lalu lepas tombol reset. Tunggu sampai router reboot.
15. Koneksikan komputer dengan Mi Router. Lalu pada script padavan tadi, tekan 0 untuk mendapatkan akses SSH & Telnet. Nantinya kamu akan diminta memasukkan IP Router, IP default nya adalah 192.168.31.1 dan kamu juga akan diminta memasukkan password admin router. Lalu tekan enter dan tunggu 2 - 4 menit untuk mendapatkan akses. Jika berhasil, maka kamu bisa mengakses SSH dengan user root.
16. Setelah langkah 15 berhasil, selanjutnya kamu akan kembali di Menu utama Prometheus. Tekan angka 3 untuk melakukan Build Toolchain. Tunggu prosesnya hingga selesai, kecepatan processor komputer kalian akan sangat mempengaruhi lamanya proses build toolchain.
17. Selanjutnya tekan angka 4 untuk menuju ke opsi firmware. Tekan angka 2 untuk memilih theme apa saja yang dapat kamu gunakan, disini saya memilih semua theme yang tersedia lalu tekan Q untuk keluar dari opsi theme. Selanjutnya tekan 3 untuk melakukan Build Firmware. Sama dengan langkah 16, kecepatan processor sangat mempengaruhi lamanya proses build. Di komputer saya pribadi memakan waktu sekitar 30 hingga 50 menit.


18. Setelah langkah 17 selesai, kamu akan kembali ke Menu utama Prometheus. Tekan angka 4 untuk masuk ke opsi firmware, lalu tekan angka 4 lagi untuk melakukan flashing firmware. Akan muncul dialog untuk melakukan backup partisi, tekan saja y supaya script melakukan pencadangan firmware. Tunggu sekitar 10 - 15 menit.


19. Router akan reboot dan SSID baru akan muncul dengan nama "ASUS" password WiFi nya adalah 1234567890
20. Lakukan konfigurasi router melalui web browser, pada alamat IP 192.168.1.1 dengan informasi login default nya, yaitu :
Username : admin
Password : admin




Preview

Operation mode

Tipe Jaringan Modem

VPN Client

Limitasi Kecepatan Aria2 WebUI Download Manager & Real-time Traffic Monitoring

Bride Mode

Support Wireless ISP (WISP) Mode



Oke sekian post saya tentang Flash Firmware Padavan Xiaomi Mi Router 3, selanjutnya akan saya dokumentasikan cara Flash dari Firmware Padavan ke Firmware Original Mi Router 3. Semoga bermanfaat!

2 comments :